Minggu, 13 November 2016

Peralatan Yang Di Butuhkan Untuk Service HP

Peralatan Yang Di Butuhkan Untuk Service HP jika anda sedang memulai usaha service handphone tentulah anda membutuhkan beberapa peralatan service handphone itu sendiri berikut ini adalah beberapa alat yang dapat anda gunakan untuk melakukan service pada handphone.








  1. Multimeter. Biasa juga disebut AVO meter, sangat diperlukan untuk mengukur tegangan, arus, dan hambatan listrik. Multimeter juga disebut sebagai senjata andalan karena jika seorang teknisi tidak menggunakan alat ini, kemungkinan akan kehilangan jejak dalam menelusuri kerusakan handphone. Jenis darimultimeter sendiri ada dua macam yaitu analog (besaran satuan ditunjukkan menggunakan jarum), dan Digital (menggunakan angka yang ditunjukan oleh liquid crystal device). Dalam penggunaannya, multimeter pada service handphone berfungsi sebagaipendeteksi kerusakan atau kondisi komponen apakah normal atau tidak dari sisi hardware.  Dengan multimeter, kita akan tahu lebih dulu sebelum mengganti komponen yang rusak, artinya diharapkan tidak sembarangan mengganti komponen yang disinyalir rusak, melainkan dengan pengecekan secara pasti menggunakan multimeter.
  2. Obeng (khusus). Kenapa diperlukan obeng khusus, karena bentuk dan ukuran kepal but pada ponsel berbeda dengan baut pada umumnya. Jadi untuk membukanya atau memasangnya diperlukan obeng khusus, yaitu obeng dengan kepala bintang atau segitiga.
  3. Pinset. Alat ini digunakan untuk menjepit, mengungkit, atau mencabut komponen yang ukurannya kecil yang tidak bisa diambil dengan menggunakan jari.
  4. Lampu duduk. Sangat diperlukan untuk penerangan diwaktu pengecekan atau perbaikan handphone.
  5. Lup. Seperti yang kita tahu bahwa komponen handphone tidaklah sebesar komponen elektronik lainnya, maka disamping itu pula dibutuhkan lup atau kaca pembesar. Saat ini, dipasaran sudah tersedia lampu duduk yang menyatu dengan lup.

  6. Tool-set ‘siemens’. Walaupun hanphone Siemens keluaran terbaru sudah tidak membutuhkannya (karena berkembang dalam hal tata letak dan casing), tpi toolset ‘siemens’ inimasih diperlukan untuk menservice handphone-handphone ‘jadul’ yang nyatanya masih beredar dipasaran.
  7. Solder . fungsi solder seperti yang kita ketahui adalah untuk mematri kaki-kaki komponen. Sama seperti yang digunakan oleh para teknisi elektronik, hanya saja ukuran mata-nya yang lebih kecil dan runcing mengingat komponen handphone ukurannya lebih kecil.
  8. Solder uap (Heat Blower). Solder uap digunakan untuk melelhkan timah solder pada kaki-kaki komponen yang tidak bias menggunakan solder biasa, khususnya IC. Selain itu pula, solder uap dapat digunakan untuk membersihkan sisa timah yang menutupi lobang kaki komponen dan  memanaskan PCB (solder ulang). Cara mengangkat komponennya adalah dengan menghembuskanudara panas yang keluar pada kaki-kaki komponen yang disolder. Kemudian komponen digerak-gerakkan secara perlahan dari arah yang berbeda dengan menggunakan pinset agar mudah dilepas. Setelah komponen diangkat, bersihkan sisa timah yang menutupi lubang kaki komponen menggunakan ujung pinset (proses blow).
  9. BGA Plat (Ball Grid Array). Alt ini digunakan utntuk mencetak kembali kaki-kaki IC yang telah rusak. Bahan yang digunakannya adalah timah cair.
  10. Mobile Phone Test box atau Penjepit PCB. Digunakan untuk menjepit PCB (setelah dilepas dari casing) handphone, agar tidak bergeser dan mudah pada saat melakukan pengecekan dan service.
  11. Power Supply Tester. Berfungsi sebagai alat pengujian, dimana mengeluarkan tegangan yang dapat diatur sesuai kebutuhan (tegangan opersional handphone) pada waktu pengecekan. Alat ini tentunya mengeluarkan arus searah atau DC.
  12. Box Flasher. Alat ini digunakan untuk memperbaiki kerusakan software handphone. alat ini dapat digunakan dengan terlebih dahulu menginstal menggunakan softwarenya pada PC. Contohnya UFSx Tornado Box, Griffin Box, atau Phoenix Box. Contoh kerusakan software yang dapat diatasi denga Tornado ini antara lain pabrikan Motorola, Sonyericsson, Sambung, dan Nokia (versi DCT3, DCT4, dan DCTL). Walaupun ada keluaran baru sesuai dengan perkembangannya, namun alat ini masih banyak digunakan oleh pra teknisi handal.
  13. Kabel data. Adalah merupakan alat penghubung antara PC dan ponsel yang dipergunakan untuk perbaikan software. Selain itu kabel data juga digunakan untuk download aplikasi dll. Alat lain yang sama halnya dengan kabel data, jajarannya adalah Bluetooth, dan infra Red, terutma untuk input output data atau conten.
  14. Kabel flash. Sama seperti kabeldata, hanya saja untuk kabel flash kompatibel dengan peralatan flasher, seperti Tornado box, Griffin Box, atau Phoenix Box.
  15. Frequency counter. Digunakan pada service handphone untuk mendeteksi besaran freuensi terutama kerusakan pada sinyal RF (radio frequency) yaitu bagian penerima dan pembangkitan frekuensi pada semua jenis handphone.

Kode Rahasia HP CDMA Dan GSM

■ Samsung
Samsung sph-n240, n400, a460, a500, etc Nam Programming:
Nam Set: ##Spc
Test Mode: 47*869#1235
Debug Menu: ##33284,ok
Service Menu: Menu+8+0 (#889)
Reset (Life time, Clear Memory, etc): ##786,ok
A-key: ##2539,ok
Label Selection: ##3882,ok
Label(Home, Work, etc) : **523,ok
NGG Setting (Gateway, etc.): ##2769737,ok
Vocoder: ##8626337,ok
CAI Change: ##7738,ok
Enable TTY: ##889,ok
■ Nokia
NAM set : 3001#12345# atau #626#7764726#
Software Version : #837# atau #0000#
ESN : #92772689#
Phone Restart : #75681# atau #75682#
Vocoder : #3872#
Debug Screen/EVRC : #8378#
Debug : #8380#
Field Test Menu : #83788#
To activate Net Monitor menu
type *3001#12345#
scroll to Field Test
enable (it says something about switching your phone off)
exit menus
turn off
switch on
menu
Net Monitor
Enter display/group code (eg 3101 for link info or […]
■ Nokia
Nokia 3280, 3285, 3580, 3585, 5185, 6185, 8280, etc Nam
Programming:
Nam Set: *3001#12345#
Software Version: *#837#
Software Version: *#9999#
Esn Number: *#92772689#
Restart Phone: *#75681#
Restart Phone: *#75682#
Nokia 8887 Nam Programming:
Nam Set: *3001#12345#
Version: *#0000#
Evrc: *#8378#
Esn/Data/Timer: *#92772689#
SID: *#743#
■ Ericsson (sebelum joint-venture dengan Sony dan berubah menjadi SE)
Programming Shot NAM : 987 + menu
Programming long NAM : 923885 + menu and enter
SPC : “0000”
CDMA mode : 904093 + menu
Analog Mode : 904095 + menu
DM Mode : 904959 + menu
■ Sony (sebelum joint-venture dengan Ericsson dan berubah menjadi SE)
CM-M1300/3300/Z200
Programming : type “111111” and press JOG DIAL
Choose Programming and
Enter SPC : “000000”

Mengapa Sinyal Handphone anda Hilang ?

Mengapa Sinyal Handphone anda Hilang ? sering kali anda melihat handphone anda hilang sinyalnya dengan sendirinya beberapa  faktor tersebut membuat anda bingun tentunya.

Ponsel yang bermasalah dengan sinyal juga memiliki 2 kemungkinan. Masalah yang bersalah dari software atau hardware. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perbaikan software dengan tuning signal. Jika setelah melakukan tuning signal masih saja meiliki masalah, maka langkah terakhir adalah melakukan pergantian pada komponen switch antena, IC RF, PA, Audio dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan lemahnya sinyal ponsel.

Switch antena yang lemah, bukan berarti harus dilakukan pergantian. Jika memang dana yang dimiliki sangat terbatas, maka kita bisa melakukan jumper switch antena tanpa harus mengganti IC PA.

Peralatan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah :

  •     Solder berikut timah 0,3 mm
  •     Cairan Flux
  •     Kabel jumper 0,3 mm

Langkah-langkah yang harus dilakukan :

  •     Lepaskan casing ponsel sampai tinggal PCB/Board Ponsel
  •     Siapkan kabel jumper untuk disambung pada titik yang sesuai tepatnya di IC PA
  •     lakukan jumper pada ponsel 33XX
  •     Setelah melakukan jumper, satukan kembali bagian-bagian ponsel seperti semula.
  •     Ponsel sudah bisa digunakan dengan tangkapan sinyal yang lebih baik.

Trick jumper switch antena ini akan berpengaruh pada kemampuan ponsel dual band menjadi satu band saja, yakni 900 MHz. Trick ini sangat berguna untuk menyiasati keterbatasan dana. Jika memang tidak ingin kehilangan kemampuan ponsel dual band menjadi satu band saja, maka alternatifnya adalah melakukan pergantian IC PA dengan yang baru.

Beberapa Masalah Komponen Handphone

Beberapa masalah yang sering terjadi pada handphone antara lain di sebabkan oleh beberapa masalah yang meliputi beberapa handphone itu sendiri antara lain sebagai berikut :

ANTENA


Masalah pada Antena adalah tedak dapat sinyal, yang disebabkan konektor Antena yang tidak melekatdengan baik pada PCB, hal tersebut biasanya terjadi setelah penggantian Cassing. Kondisi antena yang tidakbaik akan berakibat kerusakan pada Bagian Transmitte yaitu IC PA, dengan tidak stabilnya kinerja IC PAmelakukan Transmitte terus menerus karena kondisi konektor Antena yang tidak melekat dengan baiksehingga IC PA bekerja melebihi kemampuannya yang berakibat lemahnya IC PA.

IC RF PROCESSOR

Masalah pada IC hagar yang ditimbulkan adalah hilangnya sinyal, saat dilakukan pilihan jaringan manual pada Ponsel, tetapi tidak dapat mendeteksi Provider satupun. Dapat juga menyebabkan Pesawat Telepon Selular mati total

 IC PA (POWER AMPLIFIER )

Masalah yang Timbul pada IC PA adalah :

• Mati Total, karena terjadi Short pada IC PA

• Batteray Drop saat panggilan

• Hilang sinyal, No Access, Tidak ada jaringan.

• Tidak dapat melakukan panggilan darurat/ 112

• Sinyal ada, tetapi tidak dapat melakukan panggilan

 VCO (Voltage Control Oscilator )

Masalah yang timbul karena kerusakan pada VCO adalah pada saat manual tidak dapat mendeteksi seluruhProvider yang ada, sedangkan jaringan operator baik, atau hanya mendeteksi satu Provider saja. Dan jugabisa menyebabkan mati total pada Pesawat Telepon Selular

 IC AUDIO 

Masalah yang timbul pada kerusakan IC Audio adalah

• Speaker dan Microphone tidak berfungsi, sedangkan kondisi Loudspeaker, Microphone dan        juga jalur dalam keadaan baik.

• Contact Service karena IMEI tidak terbaca oleh perangkat Telepon Selular

• Tidak ada Sinyal

LOUD SPEAKER

Masalah yang timbul pada Loudspeaker adalah tidak dapat mendengar lawan bicara. Atau tidak adanya suara yang keluar dari Pesawat Telepon Selular pada bagian speaker

MICROPHONE

Masalah yang timbul pada Microphone adalah lawan bicara tidak dapat mendengar suara kita.

 BATTRY

Masalah yang ditimbulkan oleh battery adalah

a. Ponsel mati

b. Batteray tidak dapat di isi ulang

c. Batteray Drop

 IC CHARGING

Masalah yang ditimbulkan oleh kerusakan IC Charging adalah

a. Tidak dapat mengisi ulang

b. Batteray bengkak

c. Mati total karena terjadi sort atau korslet

IC POWER SUPPLY ( IC REGULATOR )

Masalah yang timbul karena kerusakan pada IC Power adalah

a. Mati Total

b. Insert Sim Card

c. Not Charging

d. Not Signal

SLOT SIM CARD

Masalah yang timbul karena kerusakan SLOT SIM CARD adalah

a. Insert Sim Card

IC CPU ( CENTRAL PROCESSING UNIT )

Masalah yang ditimbulkan dari kerusakan IC CPU adalah

a. Mati Total

b. Hang

c. Keypad tidak berfungsi

d. LCD tidak berfungsi

e. Not Signal

LCD (Liquit Cell Display)

Masalah yang timbul karena kerusakan LCD adalah

a. Tidak ada tampilan pada Layar

b. Layar bergaris

c. Layar Buram

IC RAM (RAMDOM ACCESS MEMORY )

Masalah yang ditimbulkan karena kerusakan pada IC RAM adalah

a. Mati total

b. Terjadi Hang

IC FLASH

Masalah yang timbul karena kerusakan pada IC FLASH adalah

a. Ada sebagian menu tidak dapat dibuka

b. Tidak bisa diprogram ulang

c. Mati total

d. Hang

KEYPAD

Masalah yang timbul karena kerusakan pada KEYPAD adalah

a. Salah satu Keypad tidak berfungsi

b. Seluruh keypad tidak berfungsi

IC INTERFACE

Masalah yang ditimbulkan karena kerusakan pada IC Interface adalah

a. Vibrator, Lampu Led dan Buzzer tidak berfungsi

b. Hang

c. Mati total jika terjadi korsleting

Cara Memperbaiki Keypad Handphone Error

Bagaimana Cara Memperbaiki Keypad Handphone Error ? Permasalahan keypad pada ponsel ada beberapa macam, meskipun sangat jarang terjadi kerusakan pada keypad ponsel. Berikut adalah beberapa jenis kerusakan pada keypad ponsel berserta dengan solusinya :


  •     Apabila salah satu keypad ditekan tetapi tidak berfungsi, misalnya angka 3, kita periksa dan uji tegangan (volt) pada tombol 3, maka tegangan (volt) yang keluar adalah 0 V, itu berarti tidak ada tegangan (volt) yang keluar. Kerusakan seperti ini bisa disebabkan oleh koneksitas yang buruk pada jalurnya, coba kita bersihkan dulu lempengan kuningan keypad pada PCB dengan menggunakan penghapus pencil yang biasa kita gunakan. Apabila masih belum berhasil maka kita lakukan proses jumper dengan cara : Misalnya tadi angka 3 yang tidak berfungsi maka jumperlah angka 3 tadi dengan angka 2 (horisontal) dan angka 6 (vertikal), jumper ‘bulatan luar’ lempengan kuningan antara angka 3 dengan angka 2 (secara horisontal), lalu jumper ‘bulatan dalam’ lempengan kuningan antara angka 3 dengan angka 6 (secara vertikal).
  •     Semua keypad tidak berfungsi alias ‘hang’, maka periksa dan uji terlebih dahulu apakah IC Power masih baik, lakukan pemanasan saja jika IC Power masih baik, atau gantilah IC Power dengan yang baru apabila ternyata IC Power sudah rusak. Setelah itu lakukan program ulang (flash).
  •     Salah satu keypad jika ditekan maka yang keluar tidak sama, misalnya kita tekan angka 5 tetapi yang keluar angka 1. Kita periksa dan uji tegangan (volt) pada tombol 5, maka tegangan (volt) yang keluar adalah 2.0 V. Kerusakan seperti ini bisa disebabkan oleh koneksitas yang kurang baik, kita lakukan proses jumper seperti cara di atas.
  •     Salah satu tombol ditekan maka menyebabkan ponsel mati, jika kita periksa atau uji maka tegangan (volt) yang dikeluarkan adalah 2,8 V.
  •     Solusinya kita lakukan pemeriksaan dan pengujian dahulu pada IC Power¬nya, panasi IC Power jika tidak rusak atau gantilah IC Power dengan yang baru jika rusak, selanjutnya lakukan program ulang (flash) software ponsel anda.